Rabu, 25 Maret 2009

Patton dan Debo


Menyaksikan acara grand final Idola Cilik 2 yang disiarkan di salah satu stasiun televisi swasta beberapa hari yang lalu menyisakan keharuan yang cukup mendalam buatku. Paling tidak dari dua peserta yakni Patton dan Debo, telah menampilkan kemampuannya yang sungguh luarbiasa untuk ukuran anak sekecil itu dan dengan background kehidupan yang sederhana, jauh dari dunia selebritas. Terlepas dari drama kehidupan yang juga banyak diekspose di panggung oleh panitia untuk mengundang banyaknya sms yang masuk, kualitas dan kapabilitas mereka berdua sebagai peserta grand final benar-benar patut diacungi jempol.
Sungguh, saat ini seringkali aku hanya mengelus dada menyaksikan banyaknya orang dewasa yang mencoba menjadi penyanyi dan mengeluarkan album demi untuk mencoba keberuntungannya masing-masing. Ada yang memang aji mumpung dan memanfaatkan kesempatan itu tanpa mengukur kualitas dan kemampuannya sendiri. Banyak yang terkesan dipaksakan dan memang hanya sedikit saja yang masih 'tahu malu' untuk tidak ikut-ikutan trend itu. Tapi memang tidak bisa juga disalahkan ketika kita semua juga tahu bahwa segalanya kembali pada hitung-hitungan bisnis belaka. Apapun, asalh menguntungkan kenapa tidak?
Oleh karena itu kehadiran Patton dan Debo, dengan segenap kualitas suaranya saat ini, paling tidak dari serentetan lagu yang telah dinyanyikanya di panggung Idola Cilik 2 sedikit bisa membuka mata kita bahwa harapan itu masih ada. Regenerasi terhadap penyanyi di negeri ini yang memang benar-benar memiliki kualitas suara yang baik itu masih tersisa.
Dan semoga saja, kehadiran mereka bisa menjadikan para penyanyi yang hanya sekedar 'jual tampang' atau hanya karena 'punya modal' itu sedikit bisa tahu diri. Sehingga di masa-masa yang akan datang, selebriti negeri ini bisa menjadi panutan karena kepribadian dan juga kualitas yang memang bisa mereka pertanggungjawabkan.
Dan yang paling penting, kalau itu terjadi suatu saat nanti, tatkala aku nonton televisis bersama istriku tidak akan lagi ngedumel dan cerewet karena selebriti kita bisa semakin dewasa dan memang bisa untuk dibanggakan serta patut untuk ditonton.

Tidak ada komentar: